Firefox 2.0.0.9 Masih Meninggalkan Cookies Setelah Clear Private Data

Selama 2 (dua) hari terakhir, dalam beberapa kali percobaan pemakaian Mozilla Firefox versi terbaru (hingga tulisan ini dibuat) yakni versi 2.0.0.9, saya begitu terkejut setelah melihat Firefox 2.0.0.9 ternyata masih saja meninggalkan sampah file Cookies yang bisa saja membahayakan privasi pengguna Firefox walaupun All Private Data termasuk Cookies sudah dibersihkan oleh Firefox seperti pada security options window di bawah ini:

Sampah-sampah Cookies Firefox 2.0.0.9 yang masih tertinggal tersebut saya ketahui setelah menutup Browser Firefox dan tentu saja dengan sebelumnya All Private Data telah dibersihkan secara otomatis sesuai dengan security options yang telah saya set/pilih, dan kemudian saya coba menjalankan “Anti Tracks versi 6.9.3” guna membersihkan file-file sampah di komputer saya termasuk Cookies. Anti Tracks versi 6.9.3 lah yang menangkap dan membersihkan file Cookies Firefox 2.0.0.9 tersebut seperti dalam ScreenShot di bawah:

Dalam Ilustrasi di atas, tampak jelas bahwa Firefox hanya membersihkan file-file Cache dan Visited Sites History, sedangkan Autocomplete Form, Cookies, Download History, dan Location Bar History tidak ikut dibersihkan. Hal ini membuktikan bahwa Firefox versi terbaru hingga tulisan ini dibuat masih belum (bisa) membersihkan file-file sampah sendiri secara tuntas. Semoga mesin penjelajah internet yang menurut saya masih yang terbaik ini bisa lebih baik lagi pada versi-versi selanjutnya. Tentu saja, Amen. Just wait and pray

Akhirnya saya hanya menyimpulkan bahwa kita tetap memerlukan bantuan ‘Tukang Sapu’ dari Third Party Programs seperti Anti Tracks atau banyak software lainnya sebagai pendukung keamanan dalam berselancar di internet.


Iya benar, memang Software “Anti Tracks” adalah program Shareware (komersiil), namun harga yang ditawarkan menurut saya pantas untuk sebuah produk berkualitas seperti Anti Tracks.
Namun bila Anda menghendaki Tool Pembersih data yang juga berkualitas dan handal yang berlisensi Freeware, anda bisa coba beberapa tool seperti “CCleaner v2.02.527” (versi terakhir saat tulisan ini dibuat) yang mendukung secure deletion. Anda bisa download CCleaner via official websitenya di http://www.ccleaner.com.
Kebetulan saya pakai dua-duanya hingga sekarang. Saya sudah coba banyak tool sejenis lain, tapi saya menempatkan dua Tool tersebut pada dua urutan teratas karena kemampuannya dalam membersihkan sampah-sampah file yang kompleks di komputer, baik Internet Browser, system Temp Files, maupun Temp Files dari Berbagai Software Favorit.
Semoga Bermanfaat.

Thanks

copyright by

Henry U.S.S.A