partisi hardisk di windows vista

Setelah bertanya-tanya ke Om Gugel, akhirnya saya mendapatkan beberapa alternatif solusi seperti berikut :

  • Membuat Partisi Hardisk di Windows Vista -

    1. Pertama-tama klik start menu di Windows Vista.
    2. Klik kanan “Computer” dan klik pada “manage”.

    atau bisa di Control Panel

    3. Kalo user account control -nya aktif,lanjut aja dengan klik continue.
    4. Di bagian sebelah kiri, liat bagian storage, dan klik “Disk Management”.

    5. Di sini kamu bisa ngeliat partisi yang ada di hard-disk mu. Kemudian klik kanan dan pilih hardisk mana yang ingn dipartisi.
    6. Klik pada “extend volume” atau “shrink volume” untuk mengubah partisi yang telah dipilih.



    7. Selesai.
  • Menggunakan Gnome Partition Editor
  • Menggunakan GParted LiveCD yang bisa langsung dijalankan tanpa harus diinstal. Untuk source-nya langsung bisa diunduh di sini. Gratis tanpa tapi.. Saya belum sempat mencoba gparted untuk membagi partisi hardisk saya. Meski begitu, secara logika kemungkinan besar akan berhasil, karena ketika sedang membuat partisi dengan LiveCD, hardisk dalam keadaan idle jadi kecil kemungkinan akan mengalami crash.
  • Menggunakan Acronis yang sudah kompatibel dengan Vista. Iseng saya mencari di folder kumpulan software yang ada di komputer, ternyata ada installer Acronis. Bagi yang belum punya, bisa langsung diunduh di sini. Saya pun memutuskan mencobanya untuk membuat partisi baru. Bagi yang pernah menggunakan Norton Partiton Magic, pasti tidak akan kesulitan menggunakan Acronis.

    Acronis

    Setelah beberapa saat mencoba, akhirnya saya berhasil membagi partisi dan membuat partisi baru untuk dokumen dan juga partisi untuk linux. Fiuhhh…lega.

    Acronis

Mission Accomplished !!! Lanjut lagi ke petualangan berikutnya..