Cara setting memory lebih dari 4Gb?

untuk penggunaan sistem operasi 32bit memang memory maksimal yang bisa terdetect cuman sampai 3Gb karena struktur OS 32bit memang tidak memungkinkan. kebanyakan Windows XP yang dipakai merupakan versi 32bit.
kalo mau memory terdetect penuh oleh sistem operasi (sampe 6Gb) pergunakanlah OS dengan versi 64bit (seperti Windows XP64 bit atau Vista 64bit.

lagian untuk penggunaan memory sampe 6 Gb pada komputer dekstop untuk sekarang sepertinya masih mubazir karena belum ada aplikasi yang membutuhkan memory sebanyak itu. paling cuma sebanyak 1-2 Gb

itu biasanya karena cara pemasangan memorynya aja yang salah setau gw, soalnya memory di komp gw juga pernah seperti itu. coba deh lo baca lagi buku panduan mainbordnya atau lo udah update blom driver mainbordnya. biasanya sih dua itu aja permasalahannya.
kalo settinganya banyak tergantung maidbordnya mereknya apa typenya apa.
maaf ya kalo salah, soalnya itu banyak yang harus lo pastiin dulu
lagi pula keterangannya msh kurang ditail.

Jika tidak ada kesalahan dalam pemasangan keping memory, maka ini adalah kesalahan sistem operasinya dalam mendeteksi jumlah memory yang terpasang.
Solusi :
Gunakan sistem operasi yang mendukung 64 bit. Jika anda tetap ingin menggunakan windows xp, coba cari yang 64 bit
http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_XP_...

Bisa juga gunakan Windows Vista atau linux hardy heron. Yang penting pastikan itu versi yang 64 bit, biasanya ditulis x64.

Jika anda sudah beralih ke x64, bisa dipastikan akan ada beberapa driver h/w dan aplikasi yang tidak terdeteksi. Jika ini terjadi coba masuk ke
http://start64.com/
disana banyak sekali driver dan aplikasi untuk x64.